Jumat, 06 April 2012

Memilih Foundation yang Tepat dan Cara Pemakaiannya

Step 1 - Kenali Jenis Kulitmu
Langkah pertama dalam memilih foundation adalah dengan mengenali jenis kulit kita: kering, normal, kombiinasi, atau berminyak karena ini menentukan jenis foundation apa yang cocok. Berikut ini adalah jenis foundation dan penggunaannya:
Oil-based foundation. 
Foundation ini tepat digunakan bagi Anda yang memiliki kulit kering. Sebelum menggunakan, kocok terlebih dahulu agar semua formulanya larut dengan sempurna.
Matte foundation. 
Foundation ini sangat cocok untuk kulit berminyak karena tidak mengandung minyak dan mengontrol kilap di wajah. Namun ingat, matte foundation juga cepat kering. Oleh karena itu jangan pernah mengaplikasikan foundation jenis ini terlalu tebal.
Liquid foundation. 
Liquid foundation terdiri atas dua jenis: berbahan dasar air, dan berbahan dasar minyak.Foundation berbahan dasar air cocok untuk kulit berminyak dan sensitif. Sementara yang berbahan dasar minyak cocok untuk kulit kering atau yang mengalami dehidrasi.
Stick. 
Foundation ini cocok untuk kulit kering dan normal. Selain awet di wajah, alas bedak stick dapat juga digunakan sebagai penutup noda hitam pada wajah dan flek bekas jerawat.
Step 2 – Memilih Warna Foundation
Selanjutnya memilih warna foundation. Memilih warna foundation yang tepat untuk warna kulit Anda sangat penting.
  • Pilih beberapa warna, bersihkan wajah dan biarkan wajah Anda tanpa make up. Kemudian pilih sepasang warna foundation yang senada dengan warna kulit Anda. Beberapa make up artist percaya bahwa warna kuning untuk foundation akan membuat semua jenis warna kulit menjadi tampak lebih lembut dan natural, namun apabila Anda menginginkan make up yang lebih mencolok Anda dapat memilih warna foundation yang lebih cerah.
  • Test pada kulit, cobalah sedikit di sekitar rahang Anda. Jangan di sekitar tangan maupun pergelangan tangan, ini berlawanan dengan anggapan banyak orang. Dengan mencobanya anda dapat memastikan secara langsung warna dasar yang cocok dengan wajah dan leher Anda, hal itu akan menghindari kesan make up yang seperti topeng nantinya.
  • Cermati dengan seksama, apabila memungkinkan cobalah berdiri dekat pintu atau sisi ruangan yang memiliki pencahayaan natural. Hal ini berguna untuk melihat apakah warna foundation telah menyatu dengan kulit dengan sempurna.
Step 3 – Cara Mengaplikasikan Foundation
Foundation Cair
Ada dua cara mengaplikasikan foundation jenis ini, dengan kuas atau dengan jari. Jika anda menggunakan kuas, sebelumnya taruh sedikit foundation di punggung tangan, lalu dengan kuas sapukan ke wajah dengan arah ke bawah. Jika anda menggunakan jari tangan, maka bubuhkan foundation kira-kira seukuran kacang tanah di kening, kedua pipi, hidung, dan dagu anda. Ingat jangan terlalu banyak. Jika sudah, ratakan foundation mulai dari bagian dalam wajah keluar. Jangan terbalik. Hindari alis anda, tapi jangan lupakan kelopak mata, dan bagian bawah hidung. Perhatikan baik-baik di sekitar garis rambut anda, jangan sampai tidak rata.
Foundation padat. 
Aplikasikan dengan menggunakan sponge yang sudah dibasahi sedikit air terlebih dahulu.Gunakan di seluruh wajah dan leher, atau pada area tertentu yang diinginkan. Gunakan spons mulai dari tengah terus hingga ke pinggir. Tips: cuci secara berkala sponge dengan menggunakan air hangat dan sabun yang lembut, untuk menghindari timbulnya bakteri pada sponge.
Foundation Stick. 
Foundation jenis ini sangat mudah diaplikasikan. Tinggal oleskan saja secara merata ke seluruh bagian wajah, selesai. Very simple :)

Sumber dari:
http://female.kompas.com;http://oketips.com;http://www.kecantikanku.com;http://makeupartistindonesia.net